Cara Mengubah Tampilan Opening CorelDraw

Cara Mengubah Tampilan Opening CorelDraw

CorelDraw adalah aplikasi editor grafik berbasis vektor yang dikembangkan oleh Corel (sebuah perusahaan lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada). Menurut Wikipedia, CorelDraw versi terbarunya yaitu CorelDraw X8 yang dirilis pada tanggal 15 Maret 2016. Namun, beberapa grup dan web lain mengatakan versi terbarunya ialah CorelDraw 2019/CorelDraw X9. Apakah mungkin si wikipedia belum update informasi? Hmmm.. menurut kalian gimana gaes.

Kalian yang sekolah yang mengambil jurusan multimedia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan berbagai aplikasi editor foto, seperti CorelDraw, Photoshop, dsb. Setiap orang punya aplikasi andalan tersendiri sesuai keahlian masing-masing. Saya punya temen, dia sangat jago pake aplikasi Photoshop. Namun... dia sama sekali gak bisa pake CorelDraw. Padahal CorelDraw kan aplikasi paling dasar dalam dunia editing Photo. Kalau saya sendiri lebih paham dengan CorelDraw ketimbang Photoshop. Padahal dulu setiap ada bazar buku, yang kucari buku Photoshop. Tapi saya pelajari bukunya, halaman demi halaman. dan..... hasil akhirnya tidak sesuai contoh yang ada di buku. Jadi timbul rasa malas untuk mempelajarinya. Tapi, jika mengikuti tutorial CorelDraw, ya sedikit ada kemiripan.

Ngomongin soal CorelDraw, ketika kita membuka aplikasi ini pasti yang muncul (openingnya ada gambar balon dan versi CorelDraw). Nah, ternyata kita bisa mengubahnya loh. Gak perlu ahli dalam dunia pemrograman. Beberapa hari yang lalu saya melihat salah satu postingan di grup KCPI yang tampilan openingnya tidak biasa. saya simak komentar-komentarnya. Dan saya ikuti tutorialnya. Alhamdulillah jadi.

Contoh tampilannya seperti di bawah ini:

Mengubah Tampilan Opening CorelDraw
Tampilan Opening CorelDraw

Bagaimana? Ingin mencobanya? yuk simak tips berikut ini.

Cara mengubah tampilan opening CorelDraw:

Pertama, masuk ke disk C. Buka folder Program Files - Corel - CorelDraw Graphic Suite X7 - Languages - EN - Draw - Skin.
*Cara di atas untuk CorelDraw X7 ya. Jika kamu pake CorelDraw X6, kamu harus masuk ke folder "Program Files (x86)". Jika pakai CorelDraw versi lain, saya kurang paham. Coba deh dicek satu-satu. hehe

Nah, di folder Skin tersebut ada file bernama "App_Fireball.tif". Kita copy dulu file tersebut untuk jaga-jaga jika nanti ingin mengembalikan seperti semula.

Kemudian, kita siapkan gambar untuk openingnya. Langkahnya, buka aplikasi editor CorelDraw. Bikin desain seperti biasa. Untuk ukuran gambarnya bebas. Bisa dibikin full layar monitor. Atau jika ingin ukuran yang sama dengan yang aslinya, silahkan drag / copy file ’App_Fireball.tif’ tadi ke Corel, buatlah persegi panjang dengan ukuran sama.

Jika desain sudah jadi, selanjutnya export ke format ‘*.tif’ ya. Untuk resolution pilih 32 dpi. Color Mode pilih yang RGB, soalnya kemarin saya coba pilih yang CMYK tidak work. Klik OK, dan tunggu hasil export selesai. Jangan lupa untuk save desain tadi, jika sewaktu-waktu ingin memodifnya lagi.

Tadi kamu nge-save nya dimana? Lupa tak ku kasih tahu. OK. tak masalah. Cari file yang tadi kamu buat. rename, beri nama ‘App_Fireball.tif’. Kemudian copy paste ke folder Skin yang tadi saya sebutkan di atas. Jika muncul kotak dialog, klik OK saja.

Ingin tahu apakah sudah berhasil? Silahkan close dulu aplikasi CorelDraw nya. Kemudian buka kembali seperti biasa. Jika tampilannya berubah. Berarti kamu berhasil.. Selamat yaa

Demikianlah postingan saya kali ini tentang Cara Mengubah Opening CorelDraw. Semoga bermanfaat.

2 Komentar

avatar

Dulu pernah belajar ini tapui sepertiny gak bakat saya. Beralih sotoshop jg mentok gitu2 aja

Balas
avatar

iya bang. awalnya juga susah susah gitu

Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon