Cara Menghapus / Mengganti Background dalam Hitungan Detik

Cara Menghapus / Mengganti Background dalam Hitungan Detik

Halo gaes. Untuk kalian yang kerja di bidang desain, percetakan dan sebagainya, pasti tidak asing dengan istilah edit foto. Hampir tiap jam di jam kerja pasti selalu otak-atik foto pelanggan baik edit sederhana maupun edit yang sulit. Sederhananya misalnya menambahkan tulisan di foto, atau menambahkan objek lain seperti emoji, dan lain sebagainya. Kenapa sederhana? Karena kita tinggal nempel-nempel tulisan atau objek di atas foto tersebut. Tapi tidak semuanya sederhana, kadang ada pelanggan yang ribet tulisannya minta dibikin kaya gini kaya gitu. Gak kelar-kelar.

Kita juga sering edit foto untuk mengganti background atau hanya sekedar menghapusnya saja. Kalian pernah kan? Untuk hal ini, kita, kamu, dan mereka biasanya menggunakan aplikasi Photoshop atau CorelDraw untuk menghapus atau mengganti backgroundnya. Untuk yang sudah mahir, jika menggunakan Photoshop mungkin hanya hitungan menit saja, begitu juga di CorelDraw. Namun, tidak semua foto dengan mudah untuk dihapus backgroundnya. Jika background cuma satu warna, di kedua aplikasi ini sangatlah mudah. Tapi bagaimana jika backgroundnya terdiri dari berbagai warna? Background di lapangan atau gunung, misalnya. Pasti membutuhkan waktu lebih lama bukan?

Beberapa bulan yang lalu, ada salah satu partner kerja yang memberikan informasi kita bisa dengan mudah menghapus background foto. Entah dia dapat info dari google atau dari temen. Dan situs tersebut saya cek, dan beneran. Hanya dalam hitungan detik background hilang. Tak peduli itu background satu warna atau seratus warna. Pertama kali mengenal situs tersebut, masih terbilang tampilan dan cara kerja yang sedikit rumit. Namun, di awal tahun 2020 ini sudah ada pembaruan. Upload foto langsung wus wus wus hilang deh itu background. Kalian penasaran bagaimana caranya? OK. simak tipsnya di bawah ini ya.

Cara Menghapus / Mengganti Background dalam Hitungan Detik

Pertama yang harus kita siapkan yaitu foto yang akan dihapus backgroundnya. Sumber foto bebas, bisa diambil dari komputer, handphone ataupun langsung dari internet.

Kemudian, kita buka browsher andalan, bisa opera atau chrome atau browsher lainnya. Di addresbar ketikkan "www.remove.bg" dan tekan enter pada keyboard. Maka nanti akan muncul tampilan seperti ini:

remove.bg hapus ubah ganti background foto mudah
Halaman Remove.bg

Jika di scroll ke bawah maka kita akan melihat contoh hasil hapus/ubah background dari situs tersebut.

Kalian bisa klik 'Upload Image' lalu pilih file foto dari komputer atau handphone. Atau bisa juga klik 'URL' yang bergaris bawah, kemudian paste link foto yang diambil dari internet. Juga bisa dilakukan dengan cara drag & drop gambar.

Jika gambar diambil dari internet, agar lebih cepat bisa langsung kita klik kanan pada foto, bisa pilih 'Copy image' juga bisa pilih 'Copy image address'. Kemudian ke halaman remove, klik CTRL+V. maka otomatis akan mengunggah foto dan menghapus backgroundnya. Contoh hasilnya seperti ini:

remove.bg hapus ubah ganti background foto mudah
Hapus/ubah background foto

Bisa langsung kita download dengan cara klik download. File yang diunduh tadi akan berformat *.png, jadi kita tinggal menambahkan background pake Photoshop, CorelDraw, PhotoScape, atau aplikasi lainnya.

Kita juga bisa mengganti backgroundnya sekalian dengan cara klik 'Edit'. Kita bisa pilih background foto yang sudah ada. Juga bisa ganti background warna. Dan juga bisa mengotak-atik 'erase/restore' Silahkan dicoba-coba.

remove.bg hapus ubah ganti background foto mudah
Halaman Edit Remove.bg

Nah, begitulah cara mudah menghapus atau mengubah background foto dengan cepat. Semoga bermanfaat.

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon