Berbunganya Pohon Ini Menandakan Akan Datangnya Musim Hujan?

Berbunganya Pohon Ini Menandakan Akan Datangnya Musim Hujan?

Hujan adalah turunnya air dari langit ke bumi yang membasahi tanah.

Menurut ilmiah, Hujan adalah sebuah proses presipitasi yang berbentuk cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu yang sangat tinggi di atas titik leleh es di dekat dan juga berada di atas permukaan bumi. Indonesia sendiri termasuk negara yang memiliki curah hujan cukup tinggi.

Secara singkat, proses terjadinya hujan meliputi:

  • 1. Air laut menguap yang disebabkan oleh panasnya matahari.
  • 2. Uap air di udara terkumpul menjadi padat dan terbentuklah awan.
  • 3. Awan yang terbentuk menjadi semakin besar karena hembusan angin, lalu butiran-butiran air jatuh ke bumi.
  • 4. Dan terjadilah hujan..

Hujan itu bukan musibah, tapi membawa berkah. Berikut ini merupakan manfaat hujan:

  • 1. Meningkatkan kesuburan lahan pertanian.
  • 2. Sebagai sumber air bersih bagi makhluk hidup.
  • 3. Dapat digunakan sebagai PLTA.
  • 4. Sebagai sumber kehidupan perikanan.
  • 5. Untuk melestarikan alam dan lingkungan.
  • 6. Menjaga keberlangsungan hutan.
  • 7. Menjaga ketersediaan air tanah.
  • 8. Memperbaiki kualitas udara.

Di Indonesia, perubahan musim dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson merupakan angin musiman yang bersifat periodik dan biasanya terjadi di Samudera Hindia dan sebelah selatan Asia. Angin muson timur adalah angin yang bertiup pada bulan April-Oktober dan menyebabkan musim kemarau di Indonesia. Sedangkan Angin muson barat ialah angin yang bertiup pada bulan Oktober-April di Indonesia yang menyebabkan terjadinya hujan di Indonesia.

Nah, setelah kita tahu apa itu hujan, proses terjadinya hujan, manfaat serta kapan terjadinya hujan. Di Indonesia ada hal unik dalam memprediksi akan datangnya musim hujan. Semacam mitos gitu.

Ceritanya gini. Beberapa waktu lalu. Eh, udah puluhan tahun ding, wong saya waktu itu masih duduk di bangku SD. Pada saat itu lagi nongkrong bareng orang tua. Saya sedikit lupa, bersama orang tua saya atau orang tua tetangga. Nah, di lingkungan rumah Bapak saya kan ada wit wungu (Bahasa Jawa : Pohon Blungur). Ada yang mengakatakan begini : “Kae wit wungune wis mulai kembang, dela maning udan kie” (“Itu pohon blungur nya sudah mulai berbunga, tidak lama lagi akan datang musim hujan”). Tapi pada waktu itu saya tidak sempat bertanya apa hubungannya pohon itu dengan musim hujan.

Sekarang jaman sudah semakin canggih, kita bisa mencari berbagai informasi melalui internet. Rasa penasanaran tentang mitos tersebut saya tanyakan kepada mbah Google. Saya nggak tau bahasa Indonesia nya apa. saya search “wit wungu, pohon wungu, pohon ungu” Malah hasil tidak sesuai yang saya maksud.

Akhirnya saya tanya via story WA mengenai nama pohon itu. Ada yg komen “Sakura Jawa”. Terus deh saya browsing, dan ternyata namanya Pohon Blungur. Saya cari-cari di inter, tapi tidak menemukan satu pun artikel mengenai fakta dan mitos tentang hubungan hujan dan berbunganya pohon tersebut.

Terus, saya ambil kesimpulan sendiri. Saya sering menjumpai pohon ini berbunga pada bulan Oktober. Secara ilmiah, di Indonesia musim hujan memang dimulai pada bulan Oktober. Jadi itu menurut saya. Ada pendapat lain? Silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Terus, saya ambil kesimpulan sendiri. Saya sering menjumpai pohon ini berbunga pada bulan Oktober. Secara ilmiah, di Indonesia musim hujan memang dimulai pada bulan Oktober. Jadi itu menurut saya. Ada pendapat lain? Silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Terimakasih, dan cukup sekian.

Referensi Artikel Tentang hujan:
- https://kitchenuhmaykoosib.com/proses-terbentuknya-hujan/
- https://moondoggiesmusic.com/proses-terjadinya-hujan/

3 Komentar

avatar

Menurut saya justru terbalik. Jika pohon ini sudah berbunga artinya di daerah tsb sdh mulai banyak hujan

Balas
avatar

Ternyata beda bang. Kalo di daerah saya hujan masih jarang

Balas
avatar
Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon