Berikut 3 Cara Mudah Menyimpan Susu Evaporasi

Berikut 3 Cara Mudah Menyimpan Susu Evaporasi

Susu memang sering kali dijadikan sebagai bahan minuman utama untuk menunjang kesehatan, karena kandungan gizi yang ada di dalamnya sangat tinggi, namun bentuknya sendiri semakin kesini juga semakin beragam, tidak hanya jenis susu segar biasa. Melainkan juga ada produk susu olahan layaknya susu evaporasi. Mungkin banyak yang sudah tidak begitu asing dengan namanya, ini adalah jenis susu yang proses pembuatannya adalah dengan direbus untuk jangka waktu lama sehingga kandungan air yang ada didalamnya berkurang, bahkan sampai mengental.

Banyak sekali diantara produk-produk susu ini yang dijual di pasaran, baik itu dalam bentuk susu cair biasa siap konsumsi ataupun yang dibuat dalam bentuk SKM sehingga bisa ditambahkan kedalam bahan makanan maupun minuman. Umumnya mungkin banyak diantara Anda yang senang membeli dalam jumlah besar karena tawaran harganya lebih murah, namun proses penyimpanan susu evaporasi sendiri juga tidak bisa dilakukan sembarangan, agar lebih tahan lama berikut ini beberapa tipsnya:

3 Cara Mudah Menyimpan Susu Evaporasi, - Keju parmesan
Referensi gambar: tokowahab.com
  • 1. Masukkan dalam wadah yang tertutup secara rapat, karena dalam kondisi wadah yang terbuka akan membuat kuman dan juga bakteri akan jauh lebih mudah masuk dan mengontaminasinya, sehingga cepat basi.
  • 2. Simpan di dalam kulkas, untuk menjaga agar susu tersebut tetap dalam kondisi yang steril, maka langkah penyimpanan terbaik adalah dengan memasukkannya kedalam kulkas, karena memang suhunya terjaga tetap rendah. Selain itu kulkas juga terjaga kelembabannya jadi tidak akan ada bakteri yang berkembang biak, namun tetap dalam kondisi yang tertutup rapat.
  • 3. Untuk produk susu kental manis atau SKM maka bisa tahan jauh lebih lama, ia tetap bisa disimpan dalam suhu ruangan biasa, hanya saja pastikan bahwa kondisinya tetap tertutup secara rapat di dalam sebuah wadah, jangan biarkan terbuka.

Mudah bukan menyimpan susu evaporasi beserta bahan lainnya seperti keju parmesan asalkan disimpan secara tepat maka ia akan tahan lama, jika seandainya sudah tercium aroma basi atau terjadi perubahan rasanya, maka jangan dikonsumsi, hendaknya langsung dihindari, menandakan bahwa kondisinya tak layak pakai lagi.

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon