1 Desember Hari AIDS Sedunia? Apa itu AIDS?

1 Desember Hari AIDS Sedunia? Apa itu AIDS?

Assalamualaikum.

Selamat malam teman-teman semua.. Nggak terasa kita sudah memasuki bulan di akhir tahun 2018. Cepet banget ya rasanya. Padahal resolusi di tahun ini banyak yang belum terwujud. Kalau teman-teman gimana? Tetap semangat untuk menggapai impian ya..

Hari ini Sabtu tanggal 1 Desember 2018, diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Kenapa ya? Saya cek dari beberapa sumber belum menemukan penyebab tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Hmm.. Sudah pada tahu kan apa itu AIDS? Oke saya jelaskan sedikit.

Pengertian AIDS

AIDS yang singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome merupakan sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat virus HIV. Sedangkan HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang memperlemah sistem kekebalan tubuh manusia, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Menurut info dari beberapa sumber, para ahli di dunia belum menemukan obat untuk penyakit ini, baru ada obat yang sifatnya hanya untuk memperlambat laju perkembangan virus.

Gejala AIDS

Gejala yang timbul pada penderita AIDS yaitu infeksi sistemik, seperti demam, berkeringat, kedinginan, pembengkakan kelenjar, merasa lemah, serta penurunan berat badan.

Di event selanjutnya foto saya masuk 10 besar lagi. Dia nge add saya dan inbox untuk tukeran like. Dan mulai dari situ sampai selanjutnya jadi juara bulanan. Kenapa selalu kita yang menang? Katanya si, peserta yang riil itu cuma kita berdua, sedangkan yang lain cuma akun kloningan alias pelengkap saja. Kejuaraan itu berlangsung sampai beberapa bulan atau tahun saya lupa. Dan sudah gak ngadain kuis lagi. Dia juga aktif kuis lain, dan promo. Karena sudah tidak ada harapan dari kuis radio, saya coba iseng-iseng ikutan kuis sosmed tingkat nasional. Kenapa saya anggap nasional? Karena yang ikutan dari seluruh Indonesia. Jadi peluang sangat sedikit sekali. Seperti kuis di FB, IG, Twitter dari perment Minz, Miyako, Catchplay, Vegeta, dan masih banyak lagi. Alhamdulillah sering menang. Dan hadiahnya bermacam-macam, seperti merchandise, permen, vegeta, pulsa, voucher, dll.

Penularan AIDS

AIDS dapat menular melalui donor darah yang terinfeksi HIV/AIDS, hubungan intim tanpa *** (sensor bro), serta dari ibu ke anak.

Cara Mencegah Penyakit AIDS

Setelah kita tahu gejala dan cara penularan penyakit HIV/AIDS, selanjutnya kita pelajari pencegahannya. Sebagaimana pepatah bilang “Sedia payung sebelum hujan”. Apa saja yang harus kita lakukan untuk mencegah penyakit ini?
Mempelajari bagaimana HIV menyebar
Menjalani gaya hidup sehat dan selalu jaga kebersihan
Menghindari infeksi
Menghindari penggunaan jarum suntik secara bersama
Hindari mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang
Lakukan pemeriksaan rutin

Setelah membaca diatas, sudah tahu kan apa itu HIV/AIDS, gejala, cara penyebaran, serta cara pencegahan? Saya hanya mengutip sedikit dari berbagai sumber. Jika teman-teman ingin lebih tahu, teman-teman bisa mengakses beberapa sumber referensi yang kutip melalui link di bawah, atau teman-teman juga bisa membeli buku yang sudah lengkap membahas AIDS.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/AIDS
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hivaids/benarkah-hiv-bisa-menular-lewat-cipika-cipiki-dan-berpelukan/
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hivaids/6-cara-paling-efektif-untuk-mencegah-penularan-hiv/
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3475919/8-cara-mencegah-komplikasi-penyakit-hivaids

Yuk kita hindari penyakit yang berbahaya ini, Selalu jaga kesehatan ya bro. Karena sehat itu mahal. Jangan lupa makan makanan yang sehat dan bergizi, karena berpikir itu butuh tenaga. Jadilah generasi penerus bangsa yang baik-baik.

Demikianlah artikel saya yang membahas sedikit tentang AIDS dan HIV. Kurang lebihnya saya mohon maaf, sekian dan terimakasih. Wassalamualaikum..

2 Komentar

avatar

Selamat hari aids sedunia. Semoga kita sehat selalu...

Balas
avatar
Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon