Akun Facebook Dikunci Sementara? Ini Cara Mengatasinya

Akun Facebook Dikunci Sementara? Ini Cara Mengatasinya

Assalamualaikum

Selamat pagi teman-teman. Bicara tentang Facebook, semuanya pasti sudah pada kenal kan? Disini nggak saya jelaskan apa itu Facebook, manfaat, cara membuat akun facebook. Tapi akan saya bagikan pengalaman saya saat akun facebook terkunci sementara, bagaimana cara mengatasinya.

Mengapa saat Anda login ke akun facebook tiba-tiba ada peringatan ‘Akun facebook Anda dikunci untuk sementara’? Itu karena ada rasa sayang dari Facebook ke penggunanya. Kayak semisal Anda login ke akun facebook menggunakan perangkat baru yang tidak biasanya Anda gunakan. Sebelum-sebelumnya Anda login menggunakan HP pribadi, jika Anda login pakai HP teman atau login menggunakan komputer umum (di warnet misalnya), pasti di notifikasi ada peringatan bahwa Anda login menggunakan perngkat baru kan? Atau akun Anda langsung dikunci. Itu karena rasa sayangnya Mr Mark ke kita, dikiranya ada orang lain yang mengetahui email dan password akun facebook.

Selain penyebab di atas juga ada penyebab lain seperti sering melakukan spam. Baik itu spam komentar, spam like, sering melakukan share link ke facebook, apalagi link yang diblokir oleh facebook, dijamin akun Anda langsung dikunci. Kalau saya sendiri beberapa tahun lalu kan ada facebook dengan username Miftahul Jannah. Di setiap postingannya selalu rame dengan like, komen, dan share. Sama sekali tak ada postingan yang sepi. Meskipun postingan sudah 1 minggu lamanya, masih saja rame dengan komentar, like dan share. Karena apa? Katanya si, kalau kita nge-like postingannya kita akan dimudahkan rejeki, kalau komentar ‘Aamiin’ ibu kita masuk surga, kalau share kita masuk surga. Duhh duhh duhh... begitu mudahnya untuk bisa masuk surga. Kenapa masih sholat? Hahaha... Jangan percaya ya sama postingan-postingan seperti itu. Itu sama saja menduakan Allah (syirik). Waduhh.. malah ceramah :)

Oh ya sampai lupa belum menyebutkan apa yang saya lakukan. Di postingan-postingannya saya tidak komentar ‘Aamiin’, tapi saya mempromosikan link referral atau link blog saya. Begitu pula dengan postingan di fanspage facebook. Karena sering nyepam komentar di postingannya Miftahul Jannah akun facebook saya pun dikenai hukuman sama team facebook yaitu akun terkunci sementara. Kalau di postingan fanspage facebook saya tidak terlalu sering nyepam link. Tapi saya sering mention teman-teman facebook di komentar karena syarat kuis. Ya, saya sendiri aktif di kuis sudah lama. Namun sejak setiap kali komentar di postingan fanspage, tiba-tiba logout sendiri dan saya login lagi ada peringatan ‘Akun facebok Anda dikunci untuk sementara. Katanya sih karena terdeteksi aktivitas yang mencurigakan. Kok bisa ya, setiap kali komentar di FP selalu seperti itu? Jadi saya sudah tidak aktif lagi di kuis. Pensiun maksudnya? Bukan! Saya sendiri masih aktif di kuis online, cuma saya menghindari facebook. Palingan aktifnya di instagram atau facebook. Itu pun tidak terlalu sering, karena kondisi sinyal di rumah kayak kura-kura.

Pastinya sebel kan, akun facebook tidak bisa dibuka? Nggak bisa balas chattingan dari gebetan atau gak bisa memantau aktivitas gebetan. Sedih gilaa.. Si gebetan lagi dimana ya, ngapain, sama siapa? Kuncinya belum ketemu juga nih. Jadi nggak bisa buka facebook deh, terpaksa harus ketemu besok di sekolah. Ehh.. beda sekolah ding. Duhh.. jadi nggak bisa ketemuan nih.

Tenang aja bro.. Akan saya share bagaimana cara mengatasi akun facebook yang dikunci sementara. Cekidot.:

  1. Pertama silahkan Anda login seperti biasa menggunakan browser. Ingat, BROWSER!! Bukan aplikasi. Baik itu melalui komputer atau HP.
  2. Nah, di halaman yang muncul tulisan akun facebook Anda dikunci untuk sementara, langsung saja klik Lanjutkan.
  3. Klik lagi Lanjutkan.
  4. Masukkan password baru Anda. Pastikan password Anda strong, cek www.passwordmeter.com. Kemudian klik Selanjutnya.
  5. Maka akan tampil halaman Periksa Aktivitas Terakhir, seperti komentar, like. Anda bisa menghapusnya atau langsung klik Lewati.
  6. Periksa Aplikasi yang pernah Anda gunakan. Bisa Anda hapus atau Lewati.
  7. Setelah semuanya selesai, maka klik Buka Kabar Berita. Dan Anda akan dibawa ke halaman beranda facebook. Selamat akun Anda sudah pulih.
*Tambahan:
Kadang juga kita diminta untuk memeriksa komentar terakhir dalam seminggu sebelum akun terkunci, teman facebook yang terakhir kita kirimi pesan, juga kadang diminta untuk memeriksa foto teman facebook. Jadi, langkahnya tidak sama persis seperti di atas ya.

Yuk tonton juga video Cara Mengatasi Akun Facebook Dikunci Sementara:

Demikianlah panjang lebar tentang cerita saya juga cara mengatasi akun facebook yang dikunci sementara. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.

2 Komentar

avatar

Aku pernah juga kayak gini pas tahun 2011 waktu itu masih SMP. Karena dulu nggak tahu caranya jadi aku nggak buka facebook selama satu bulan. Dan ternyata setelah baca ini aku jadi tahu deh. Nice info, mas.

Balas
avatar

terima kasih atas kunjungannya mbak :)

Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon