Tips Cocok Wisuda Tepat Waktu

Tips Cocok Wisuda Tepat Waktu

Sebagai mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir, apa si yang ada dalam pikiran Anda? Pastinya ingin cepat-cepat lulus dan segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selama jadi mahasiswa, baik dari semester awal hingga semester akhir, pasti ada saja sesuatu yang membuat patah semangat. Banyak yang tidak menyelesaikan kuliah karena berbagai alasan. Seperti keadaan ekonomi, terlalu banyak tugas, skripsi yang selalu revisi, atau alasan lainnya. Padahal sudah sampai tengah semester, bahkan ada yang sudah memasuki semester akhir. Sayang kan kalau nggak diselesaikan hingga tuntas. Ibaratnya kita sedang berada di arena balap motor. Kita sudah hampir menyelesaikan putaran, kurang 1 atau dua putaran lagi untuk menuju garis finish. Meskipun tidak jadi pemenang, tapi kan kita punya kebanggaan tersendiri karena bisa menyelesaikan putaran dengan baik. Begitu juga dengan kuliah. Jangan mudah menyerah, apalagi Anda yang sudah memasuki semester akhir. Ingat, garis finish sudah ada di depan mata.

Nah, untuk Anda mahasiswa baru, atau mahasiswa semester akhir yang ingin wisuda tepat waktu. Yuk simak Tips Cocok Wisuda Tepat Waktu ala saya:

  1. Awali dengan niat yang baik. Pastinya Anda kuliah memiliki niat yang baik karena masa depan. Jangan kuliah karena terpaksa atau yang lain. Ingat pepatah dalam Islam ‘Segala sesuatu tergantung pada niat’.
  2. Pilihlah program studi sesuai passion. Untuk Anda calon mahasiswa baru, sebaiknya pilihlah program studi sesuai passion Anda. Apa yang Anda sukai, apa yang ingin Anda perdalam ilmunya. Jangan memilih program studi karena ikut-ikutan. Nanti akan menyesal di kemudian hari.
  3. Jangan absen dan pastikan datang tepat waktu. Yuk kurangi huruf I (Ijin) apalagi A (Alpha) pada absensi perkuliahan. Meskipun mata kuliah yang tidak Anda sukai, pastikan tetap hadir dengan tepat waktu ya. Syukur-syukur datang lebih awal. Dosen akan beda menilai dengan mahasiswa yang selalu hadir dan sering bolos.
  4. Jangan lupa belajar. Pelajari kembali materi kuliah yang sudah diajarkan, juga pelajari materi-materi yang akan datang. Meskipun Anda sudah memahami materi yang sedang diajarkan dosen, tetaplah rendah hati. Seakan-akan Anda baru menerima materi tersebut. Jangan malu bertanya.
  5. Curi hati Dosen. Bukan bermaksud mengajak jadian ya. Mencuri hati disini maksudnya agar kita dipandang berbeda dengan mahasiswa lain. Ya meskipun nggak terlalu pinter, jika nomor 3 dan 4 Anda lakukan dengan baik, pastinya si dosen nggak bakalan tega kasih kita nilai yang jelek. Hehe. Iya kan?
  6. Jika ada mata kuliah yang harus diulang, segera perbaiki. Jangan menunggu tahun depan. Kita nggak tahu apakah di tahun depan akan ada waktu untuk mengulang atau sibuk dengan suatu hal.
  7. Segera garap skripsi Anda. Begitu dibuka waktu pengajuan judul, segeralah mengajukan judul Anda sebelum diambil orang lain. Jikalau judul disetujui, manfaatkan waktu yang ada. Jadikan skripsi makanan wajib setiap hari.
  8. Buatlah jadwal harian. Tidak hanya artis yang harus memiliki jadwal harian. Kita juga harus membuat jadwal harian. Sempatkan waktu 2-3 jam setiap harinya untuk menggarap skripsi. Jika Anda mahasiswa yang sambil bekerja atau mahasiswa sibuk membantu bisnis orang tua, pastikan ada waktu untuk skripsi. Baik pagi hari ataupun malam hari.
  9. Manfaatkan dengan baik jadwal bimbingan. Jika dosen pembimbing Anda membuat jadwal 3 kali bimbingan per minggu, segera perbaiki skripsi Anda yang harus direvisi dan manfaat pertemuan 3 kali tersebut. Jangan suka menunda, hari esok akan lain. Mungkin dosen akan sibuk atau bisa jadi Anda yang sibuk. Dan jangan telat saat bimbingan.
  10. Memahami dosen. Jangan sekali-kali Anda berpikiran negatif tentang dosen pembimbing. Jangan marah atau kesal gara-gara SMS tidak dijawab. Mungkin dosen pembimbing Anda tidak memiliki pulsa SMS. Juga jangan marah gara-gara banyak yang direvisi. Dosen tahu apa yang terbaik untuk kita. Jangan pernah berpikiran untuk ganti dosen pembimbing. Ini yang benar-benar harus diperhatikan. Apapaun yang terjadi selama dosen mampu, tetap setia pada dosen tersebut.
  11. Persiapkan segalanya sebelum sidang skripsi. Seragam, materi dan alat pendukung skripsi, pastikan Anda cek dengan baik sebelum hari H. Pelajari baik-baik materi skripsi Anda, juga buatlah prediksi pertanyaan yang tidak terduga.
  12. Jangan lupa menjaga kesehatan. Karena sering lembur garap skripsi hingga larut malam, akan membuat Anda susah tidur. Ditambah lagi cuaca yang tidak menentu ini, akan rawan terkena flu. Jika flu dan batuk mulai menyerang Anda, sangat cocok untuk minum MIXAGRIP. Karena MIXAGRIP sudah terbukti cocok meredakan dan meringankan gejala flu maupun batuk dan sudah dipakai banyak orang di Indonesia. Jadi, jangan lupa selalu sedia MIXAGRIP saat menyelesaikan skripsi.

Itulah beberapa tips yang cocok agar Anda bisa wisuda tepat waktu. Punya tips tambahan? Share di komentar ya. Selamat berjuang!
#CeritaSamaMixagrip

4 Komentar

avatar

Selamat sudah sarjana. Dulu awal kuliah saya juga punya banyak plan untuk wisuda tepat waktu, namun akhirnya malah kelewatan. Haha. Tapi dari sisi akademik gak ada masalah, cuma waktunya doang yang kelewatan. :D

Kalo kata temenku Wisuda tepat waktu itu gak wajib, yang wajib itu sholat 5 waktu. #eh

Balas
avatar

Baca ini kok aku jadi pengen kuliah ya. Ah, semoga harapanku terkabul. Nice sharing kak.

Balas
avatar

hehe.. iya bener juga. yang wajib itu sholat 5 waktu :)

Balas
avatar

Aamiin.. Semoga segera jadi sarjana mbak. :)

Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon