Sudah Kenal Taman Botani Sukorambi?

Sudah Kenal Taman Botani Sukorambi?

Taman Botani Sukorambi
Taman Botani Sukorambi Jember.
Sumber: disini

Teman-teman kalau liburan atau berwisata lebih suka dengan siapa? Keluarga atau sahabat? Siapapun mereka yang pasti orang-orang tersebut adalah orang yang berarti bagi kita ya. Senang rasanya jika kita bisa menikmati hari-hari bersama orang-orang yang kita cintai. Liburan atau berwisata merupakan salah satu cara kita untuk berbagi kebahagian dengan orang tercinta. Waktu yang tepat untuk berlibur adalah di akhir pekan atau tanggal merah. Sudah tahu kan manfaat berlibur bagi para pekerja? Agar tidak stress memikirkan tugas menumpuk di meja kantor. Itu salah satunya. hehe

Kalau berwisata, tempat seperti apa si yang teman-teman suka? Edukasi, sejarah, atau kuliner? Teman-teman pernah nggak berwisata ke suatu tempat yang tempat wisatanya sangat alami dengan beragam destinasi wisata edukasi, sejarah, religi, kuliner, serta staycation, namun masih dalam satu tempat? Ternyata ada di kota Jember, Jawa Timur. Namanya Taman Botani Sukorambi.

Sesuai namanya, taman ini terletak di Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tepatnya ada di Jalan Mujahir dengan jarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Jember yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 10-15 menit.

Taman Botani Sukorambi dibangun pada tahun 2006 oleh Bupati Jember yang memimpin pada masa itu, yaitu Abdul Kahar Muzakir. Awalnya taman ini hanya dijadikan tempat rekreasi pribadi. Namun, setahun kemudian beliau memutuskan membuka taman tersebut untuk umum, dan diresmikan pada tanggal 27 Februari 2007 silam. Setelah 4 tahun dikenal masyarakat, taman tersebut memiliki rata-rata 300 pengunjung setiap harinya, dan terus mengalami peningkatan. Di hari-hari libur nasional seperti libur sekolah, libur lebaran, dan hari libur lainnya, Taman Botani Sukorambi mampu menarik wisatawan hingga 1.000 orang per harinya. Sungguh angka yang fantastis.

Selain sebagai tempat wisata alam flora dan fauna, Taman Botani ini juga memiliki perpustakaan, kafe, restoran, kolam ikan, serta 5 kategori kolam renang. Yaitu:

1. Kolam renang dewasa yang memiliki kedalaman 180 cm yang memiliki ukuran panjang 26,5 meter dan lebar 14 meter. Dengan kedalaman yang sekian, kolam renang ini dikhususkan untuk teman-teman yang sudah jago berenang.

Kolam Renang Dewasa Taman Botani Sukorambi.
Sumber: http://www.tamanbotanisukorambi.com/

2. Kolam renang remaja dengan kedalaman 80 cm dan memiliki panjang 11 meter, lebar 8 meter.

Kolam Renang Remaja Taman Botani Sukorambi.
Sumber: http://www.tamanbotanisukorambi.com/

3. Kolam renang anak-anak. Kolam renang yang dikhususkan untuk anak-anak ini memiliki kedalaman 50-60 cm dengan panjang 19 meter dan lebar 5 meter.

Kolam Renang Anak-anak Taman Botani Sukorambi.
Sumber: http://www.tamanbotanisukorambi.com/

4. Kolam renang pelangi. Sesuai dengan namanya, kolam renang ini berwarna-warni bagai pelangi. Kolam renang pelangi terbagi menjadi dua, kolam renang pelangi 1 memiliki panjang 20,5 meter, lebar 11 meter dengan dengan kedalaman 30-80 cm. Kolam renang pelangi 2 memiliki panjang 21,6 meter dan lebar 9 meter dengan kedalaman 25-80 cm. Dengan warna cat yang berbeda sebagai tanda kedalamannya. Kolam renang ini juga dihiasi batu candi di sekelilingnya dengan tambahan air mancur dari patung hewan yang pastinya sangat disukai oleh anak-anak.

Kolam Renang Pelangi Taman Botani Sukorambi.
Sumber: http://www.tamanbotanisukorambi.com/

5. Kolam renang khusus muslimah. Sesuai namanya, kolam renang ini dikhususkan untuk para muslimah yang ingin mendapatkan privasi saat berenang. Biaya masuk ke kolam renang ini dikenakan tarif Rp 10.000,- per orang.

Kolam Renang Muslimah Taman Botani Sukorambi.
Sumber: http://www.tamanbotanisukorambi.com/

Di Taman Botani Sukorambi, teman-teman bisa menemukan kebun dengan 300 spesies tanaman herbal, 200 spesies bunga dan buah-buahan. Serta beragam hewan ada di taman ini, seperti kuda, kelinci, dan burung.

Nah, jika kamu penasaran dan ingin berkunjung ke taman ini, Taman Botani Sukorambi ini buka dari pukul 07.00 sampai dengan 16.00 WIB setiap harinya, kecuali Jumat. Jadi, buat teman-teman yang berasal dari luar kota dan ingin berwisata kesini, ada baiknya berangkat dari pagi hari dan diusahakan jangan terlalu siang. Untuk harga tiket masuk, teman-teman hanya perlu membayar sebesar Rp 12.000,- per orang setiap hari Senin hingga Kamis, atau di hari Sabtu-Minggu dan hari libur cukup membayar Rp 20.000,- per orang. Sudah tahu berapa harga tiketnya? Jangan sampai lupa membawa dompet yang berisi uang (kalau dompet kosong apalah gunanya. hehe) untuk membayar tiket dan keperluan lainnya.

Demikianlah sedikit info tentang Destinasi Wisata Jember, Taman Botani Sukorambi yang ada di Jember. Semoga Jember makin rame. Aamiin..

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

Banner #LombaBlogDestinasiWisataJember
Banner #LombaBlogDestinasiWisataJember

4 Komentar

avatar

Taman yang bagus nih. jadi ingin kesana.
noted

Balas
avatar

Baru tahu di Jember ada Taman Botani Sukorambi.
Recomended untuk liburan bareng keluarga nih..

Balas
avatar

jangan lupa ajak keluarga atau sahabat. biar liburan makin asyik :)

Balas
avatar

Liburan paling asyik emang bareng keluarga. sekalian kakek nenek ajak liburan ya. hehe

Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon