Akun Instagram Saya Dibajak Atau...

Akun Instagram Saya Dibajak Atau...

Assalamualaikum.

Halo semuanya.. Kalian adalah orang yang aktif di dunia maya, seperti facebook, instagram, twitter, dll? Jika iya, apa saja si aktifitas teman-teman dalam dunia maya, khusuhnya di sosmed? Menjalin silaturrahmi dengan teman SD hingga SMA /kuliah, cari teman baru, cari pacar, atau cari ilmu? Cari ilmu? Bisa. Tidak hanya di mbah Google. Di sosmed juga bisa cari ilmu lho. Baca timeline yang bermanfaat, bergabung ke berbagai forum/grup tanya ini itu, dapat ilmu deh. Iya, kan?

Antara facebook, instagram, twitter, mana si yang sering kalian buka? Facebook ya? Sama dong. Alasan saya sering buka facebook, karena di sana lengkap ada teman, keluarga, forum-forum, dan lain-lain. Setelah facebook, saya juga lebih sering membuka instagram ketimbang twitter. Karena kalau twitter, aplikasinya terlalu makan storage. Sedangkan saya masih pake ROM 2GB, sebagai kuter harus install banyak aplikasi. Kurang lebih 2 tahun pakai instagram, dan di hari kemarin akhir bulan Juni tepatnya tanggal 30 Juni 2018, sore-sore saya buka instagram dikagetkan dengan timeline yang super waww. Ini dia penampakannya:

Baca juga: Akun Instagram Saya Dinonaktifkan

Beberapa hari sebelumnya saat mengecek timeline saya sempat melihat postingan dari username asing. Perasaan aku nggak nge-follow akun ini, merenungkan dalam hati. Karena waktu itu koneksi internet sedang tidak stabil, aku biarin, dan tutup aplikasi. Dengan adanya timeline seperti di atas, langsung saya buka profilnya dan unfollow. Saya cek akun yang saya ikuti, ternyata ada beberapa akun asing yang tidak ku kenal, akun luar negeri semua. Padahal untuk akun luar negeri, aku hanya memfollow @wow_kimsohyun (belum sempat cek itu akun asli atau bukan). Dan selain itu, langsung aku unfollow.

Jumlah following sudah berkurang. Saya tutup aplikasi instagram. Beberapa menit kemudian, saya cek lagi, jumlah following bertambah dengan sendirinya.

Saya unfollow lagi. Tutup aplikasi, saya cek lagi, bertambah lagi. Wahh kebangeten ini. Ada apa dengan akun saya? Kemudian saya coba untuk mengganti password. Saya tutup aplikasi dan beberapa menit kemudian saya buka kembali. Saya cek jumlah following normal tidak bertambah. Alhamdulillah, akhirnya..

Dari kejadian tersebut, yang saya bingung itu karena dibajak atau kenapa. Untuk login ke akun instagram, saya sudah cukup hati-hati, hanya di beberapa device. Dan link instagram saya perhatikan betul. Cuma seingat saya dulu waktu belum punya smartphone, dan memiliki keinginan tinggi untuk memposting foto atau video ke instagram, setelah cek kesana kemari, saya menggunakan aplikasi Gramblr. Dan di aplikasi tersebut mau nggak mau harus login instagram. Mungkin itu penyebabnya atau ada yang memasang keylogger, atau dijalankan oleh boot, entahlah. Yang penting Alhamdulillah sudah tidak ada hal mencurigakan lagi.

Berdasarkan kejadian ini, teman-teman harus lebih hati-hati ketika login ke akun Anda, baik instagram, twitter, facebook, atau yang lainnya. Jangan memberikan username dan password kepada siapapun. Dan sebaiknya akun-akun yang Anda miliki sudah verifikasi nomor HP atau email agar memudahkan kita untuk mengatasi hal-hal yang tidak diduga di waktu mendatang. Seperti lupa password, reset password, dan lain sebagainya.

Demikianlah postingan saya kali ini tentang Akun Instagram saya dibajak, mudah-mudahan ada sesuatu yang bisa kita pelajari, dan untuk lebih waspada kedepannya. Terimakasih sudah sempatkan diri membaca postingan ini. Wassalamualaikum wr. Wb.

8 Komentar

avatar

Menggunakan aplikasi dari pihak ketiga itulah yang kadang akun kita bisa kena bajak. Kalau saya ya, senatural mungkin. Verifikasi nomor hape sangatlah penting.

Balas
avatar

Untuk instagram saya hanya biasa login di instagram bawaan Play Store dan login di PC. Mungkin ada yang pasang semacam keylogger di PC. Harus ekstra hati-hati nih :)

Balas
avatar

Betul itu harus ekstra hati-hati. Itulah repotnya jika punya akun media sosial terlalu banyak :D

Balas
avatar

Hidup sebagai seorang kuter emang harus punya banyak akun sosmed. Karena kuisnya tdk hanya di 1 sosmed saja. Saya pun jadi sering lupa sama username dan password ;-(

Balas
avatar

Kalau saya tidak terlalu Aktif sob, dalam menggunakan Aplikasi Instagram ini. Biasanya saya lebih aktif di WA.

Balas
avatar

saya pakai instagram, salah satu tujuan juga untuk ikutan kuis :)

Balas
avatar

Hati-hati jangan asal login

Balas
avatar

Terimakasih atas kunjungannya :)

Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon