Kolak Menu Wajib Saat Berbuka Puasa

Kolak Menu Wajib Saat Berbuka Puasa

Assalamualaikum. Nggak terasa kita sudah memasuki hari ke-5 di bulan Ramadhan. Apa saja si sesuatu yang cuma ada di bulan Ramadhan? Diantaranya puasa Ramadhan (itu sudah pasti), shalat Tarawih (juga sudah pasti), malam Lailatul Qadar, serta takjil, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nggak aku sebutin semuanya ya, tadi sudah mewakili kan?

Kolak. Didaerah kami biasa menyebutnya kolak/kolek (Bahasa Jawa). Kolak yang berbahan dasar pisang dan santan ini salah satu takjil yang cuma ada di bulan Ramadhan. Bukan cuma si, di lain bulan juga ada. Eeee.. istilahnya apa yaa. Maksudnya kalau bulan Ramadhan ya pasti ada kolak. Sebagian besar orang Indonesia menyebutnya kolak pisang, mungkin karena berbahan dasar dari pisang ya. Tapi asal teman-teman tahu, tidak semua kolak ada pisangnya. Namun ada bahan pengganntinya seperti ketela (bahasa Jawa) atau ubi-ubian, busil, singkong, kolang kaling. Meskipun nggak ada pisangnya, asalkan santan dan rasanya tidak berbeda, kami tetap menyebutnya kolak.

Ngomongin soal kolak menurut saya adalah menu wajib saat berbuka puasa. Iya, itu satu-satunya menu wajib yang ada di meja makan saat saya berbuka puasa. Tak peduli yang lain menikmatinya atau tidak. Mau nggak mau menu itu harus ada. Baik itu puasa sunat apalagi puasa wajib, kolak nggak boleh ketinggalan. Kolak tidak bisa diganti dengan menu lain seperti dawet, mutiara, atau yang lainnya. Pokoknya saat berbuka puasa yang saya konsumsi pertama kali yaitu air teh hangat atau air putih sebagai pembukanya. Kemudian dilanjutkan dengan kolak.


Memuat

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon