Breaking News
Join This Site
Sudah #WaktunyaMoveOnSob Segeralah Beralih ke Domain TLD

Sudah #WaktunyaMoveOnSob Segeralah Beralih ke Domain TLD

Saya mengenal blogger pada akhir tahun 2014. Kemudian mulai browsing untuk mencari tahu tentang blogger. Seperti bagaimana cara membuat sebuah blog, memposting artikel, mempercantik tampilan blog, dan belajar kode HTML dasar serta CSS. Alhamdulillah, beberapa artikel yang baca mudah dipahami. Saya pun memantapkan diri untuk terjun ke dunia blogger.

Pada awal tahun 2015 saya membuat blog ini pakai platform dan domain gratisan. Saya mulai belajar menulis tentang tutorial, cerita, tugas kuliah, juga mengikuti beberapa kontes blog. Setelah 1 tahun berjalan, rasanya kurang percaya diri dan minder saat ngobrol dengan sesama blogger ketika masih menggunakan domain gratisan. Akhirnya saya beralih ke domain TLD pada 2017 yang lalu. Dan, Anda masih pakai domain gratisan? Apa dampak yang akan Anda alami kedepannya? Berikut ini beberapa alasan pentingnya sebuah domain dan cara memilih domain.

Mengapa nama domain sangat penting?

  1. URL Anda adalah hal pertama yang akan dilihat pengunjung Anda. Nama domain yang bagus bisa memberi kesan positif dan abadi.
  2. Kata kunci dalam nama domain yang Anda pilih masih dapat membantu peringkat SEO Anda.
  3. Mendefinisikan merek Anda. Jika Anda menggunakan blog atau web untuk berbisnis, nama domain yang tepat bisa meningkatkan brand recognition.

Unsur-unsur ini hanya beberapa dari banyak alasan mengapa nama domain sangat penting. Jadi, bagaimana anda memilih nama domain yang tepat? Itulah tepatnya yang akan saya pada postingan kali ini.

Nama domain Anda adalah identitas Anda di web, Anda ingin memastikan Anda memilih nama domain yang tidak hanya sesuai dengan bisnis atau hobi Anda, tetapi juga mudah ditemukan.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membantu Anda memilih nama domain yang sempurna.
  1. Mudah diketik

    Pikirkan beberapa situs paling populer di dunia. Apa yang terlintas dalam pikiran?
    Google, Facebook, Twitter, Instagram, Yahoo, …
    Bukankah situs yang saya sebutkan di atas semuanya mudah dieja?
    Pengunjung Anda harus dapat mengetikkan nama domain Anda tanpa masalah. Jika Anda harus menjelaskan ejaan lebih dari satu kali agar dapat dipahami, maka itu terlalu rumit.

  2. Pertimbangkan menggunakan kata kunci

    Kata kunci dapat membantu meningkatkan SEO Anda. Namun Anda perlu melangkah dengan hati-hati di sini. Jika Anda memilih untuk menggunakan kata kunci, masukkan kata kunci di awal domain Anda. Di situlah akan menjadi yang paling kuat untuk rangking Anda.
    Anda dapat menemukan kata kunci dengan alat seperti Google Keyword Planner dan Keywordtool.io.

  3. Mudah diucapkan dan diingat

    Seperti poin pertama. Pilihlah nama domain yang mudah diucapkan. Ini mempermudah pengunjung untuk membagikan nama domain Anda dari mulut ke mulut, dan mempermudah Anda untuk membagikan situs Anda dengan teman.
    Ada jutaan nama domain terdaftar, jadi memiliki domain yang menarik dan mudah diingat sangat penting.

  4. Lakukan penelitian

    Pastikan nama yang Anda pilih tidak bermerek dagang, dilindungi hak cipta, atau digunakan oleh perusahaan lain. Ini bisa mengakibatkan kekacauan hukum yang besar yang bisa menghabiskan banyak uang, juga domain Anda!

  5. Gunakan ekstensi nama domain yang sesuai

    Pilihlah .com atau .net atau .org. Ketika Anda memilih ekstensi nama domain Anda, Anda tetap yakin satu hal: ".com" masih yang terbaik.
    Menurut informasi dari forum web, sebagian besar dari domain memiliki ekstensi ".com", yang kedua adalah ".net" dan ketiga adalah ".org"
    Mengapa? Karena, ".com" lebih akrab dan mudah diingat.
    Saran: Gunakan domain .com. Jika itu diambil, coba .net atau .org. Jika ini diambil juga, akan lebih baik Anda melakukan brainstorming nama domain baru. Dan, juga hindari ekstensi yang tidak familiar seperti ".club", ".space", dan lainnya.

  6. Hindari tanda hubung dan angka

    Ingat bagaimana nama domain Anda seharusnya mudah diucapkan dan diingat? (Lihat kembali poin 3) Nah, tanda hubung dan angka membuat kedua hal ini lebih sulit.
    Bayangkan, menjelaskan Facebook jika ada tanda hubung di sana. Misalnya, "Sudahkah kita berteman di Face-Book?” Ada tanda penghubung di sana, antara 'Face' dan 'Book'. Ini mungkin sedikit sulit untuk diingat.
    Nama domain Anda harus mudah diucapkan serta mudah diingat, dan tanda hubung dan angka menghalangi jalannya itu. Jadi, tetap pada huruf!

  7. Bertindaklah cepat

    Nama domain terjual dengan cepat. Beberapa webhosting berlomba-lomba memberikan harga terbaik dengan beragam promo. Ketika kita menanyakan status pekerjaan pada forum web, sebagian besar dari mereka adalah pelajar. Mungkin ini salah satu penyebab mengapa domain tidak mahal. Jadi daftarkan nama domain favorit Anda sesegera mungkin.
    Solusi cepat: Punya ide bagus untuk sebuah domain? Daftarkan nama Anda hari ini dan letakkan situs web di luar sana sebelum orang lain merebut ide Anda.

  8. Pikirkan jangka panjang

    Anda harus siap untuk mepertahankan domain Anda. Karena, itu akan menjadi salah satu elemen terbesar yang mendefinisikan bisnis dan merek serta hobi Anda selama bertahun-tahun.
    Jika Anda memutuskan untuk mengubah domain di masa depan, itu akan dikenakan biaya uang, merek, dan peringkat SEO. Singkatnya, itu sangat menyakitkan. Saya pernah mengalami hal ini.
    Jadi, ketika Anda memilih domain Anda, pikirkan jangka panjang.

  9. Gunakan generator nama domain untuk mengumpulkan ide

    Poin terakhir, Anda harus memiliki setidaknya gagasan umum tentang beberapa kata yang mungkin untuk dimasukkan ke dalam domain Anda. Tapi, beberapa dari kata-kata itu mungkin sudah diambil, bermerek dagang, atau tidak memiliki "suara" yang Anda cari. Di situlah generator nama domain ikut bermain. Generator ini dapat mengubah ide Anda menjadi domain yang baru dan tersedia.

    Berikut adalah beberapa generator nama domain untuk dicoba:
    • Wordoid. Alat ini memungkinkan Anda menyambungkan kata, dan itu akan muncul dengan gagasan yang mengandung kata itu, dimulai dengan kata itu, atau diakhiri dengan kata itu. (http://wordoid.com/)
    • Lean Domain Search. Alat ini cocok dengan kata kunci Anda dengan kata kunci lain, dan menghasilkan daftar domain yang tersedia. (http://www.leandomainsearch.com/)
    • DomainHole. Alat ini memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci, menemukan domain kadaluarsa, menghasilkan nama baru, dan banyak lagi. (http://www.domainhole.com/)

Jika Anda memulai blog untuk situs pribadi Anda, mungkin lebih baik menggunakan nama Anda sendiri! Ini membantu Anda menjadi lebih mudah dikenali. Terlebih lagi, hanya memiliki domain nama Anda bisa menjadi strategi yang baik.

Jika karir blog / website / speaking Anda menjadi besar, Anda mungkin saja menjadi nama rumah tangga, dan domain itu, "NamaAnda.com" mungkin saja menjadi komoditas yang sangat panas. Anda akan senang Anda memilikinya!

Namun, jika nama Anda agak panjang, sulit untuk mengeja / diucapkan, atau domain sudah diambil, pertimbangkan untuk menggunakan julukan atau bahkan kombinasi nama depan dan nama tengah Anda.

Semoga bermanfaat

4 Komentar

avatar

Menurut gue sih, 2018 itu gak zamannya lagi ngegalau atau nyaman dengan kebiasaan buruk kita. Ini saat yang tepat buat kita untuk meningkatkan level hidup kita, toh. Dan JagoanHosting bakal jadi teman sekaligus solusi terbaik untuk move on ke layanan hosting yang lebih baik. Bayangin, dengan hosting yang lebih baik, kita bakal bisa berkarya lebih kreatif lagi. JagoanHosting memang jagoan deh dalam urusan memotivasi dan memfasilitasi pelanggannya dengan pelayanan dan teknologi terbaru.

Btw, gue udah baca tulisan lo diatas, dan itu keren banget. Semoga moveon bersama JagoanHosting-nya berhasil, karena ini #WaktunyaMoveOnSob. Dan semoga beruntung juga untuk lomba yang lo ikuti. Berharap aja hadiah-hadiah yang keren itu salah satunya mendarat didepan rumah kita dengan mulus. Hehehe. Amin

Baca ulasan gue juga dong, BW-in balik ke bit.ly/UbahPerihJadiCerita. Terima kasih sebelumnya. Semoga beruntung semuanya!

Balas
avatar

Yoi bro. Terimakasih atas kunjungan.

Segera meluncur

Balas
avatar

Lagi nyari tempat beli domain yg pembayarannya mudah. Akhirnya ketemu juga sama JagoanHosting. Bisa bayar di indomaret
#WaktunyaMoveOnSob

Balas
avatar

Iya gan. sudah #WaktunyaMoveOnSob. di JagoanHosting proses pembayarannya bisa via indomaret. jadi lbh mudah

Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon