Saya Aktivis Blogger

Saya Aktivis Blogger


(Sumber gambar: Foto pribadi, reportasenews.com, dan blogger.com)  

Assalamu'alaikum teman-teman.. Apa kabarnya? Semoga sehat selalu. Aamiin.. Pada kesempatan kali ini, saya Kholidin selaku admin بلوڮ خَالِدٍ akan memposting artikel tentang pengalaman saya sebagai aktivis blogger. Dan untuk menjalankan aktivitas ini harus ada koneksi internet. Ngomong-ngomong, teman-teman sudah tahu kan apa itu internet? Apa? Ada yang belum tahu? OK lah, ini ada sedikit penjelasan tentang pengertian internet.

(Sumber gambar: sasajaringaninteerneet.blogspot.com)

Internet merupakan kepanjangan dari interconnection networking, yang artinya terhubungnya dua komputer atau lebih dengan membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh penjuru dunia, sehingga dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi satu dengan lainnya di tempat yang berbeda. Media penghubung tersebut bisa melalui kabel, kanal satelit, maupun frekuensi radio, sehingga komputer-komputer yang terhubung tersebut dapat saling berkomunikasi. (Sumber: materi TIK Kelas 9 SMP)

Sudah paham kan, internet itu apa? Internet itu memiliki dampak yang negatif. Seperti penipuan jual-beli, membuka situs terlarang, judi online, dan masih banyak lagi. Apalagi orang tua, pasti sangat mengkhawatirkan anaknya terjerumus ke hal-hal yang negatif. Tapi, selain dampak negatif, pasti juga ada positifnya. Misal, menggunakan internet untuk menyalurkan hobi, salah satunya blogging. Oh ya, dalam sampul belakang buku Facebook Hacker yang ditulis oleh Arya Dipanegara ada paragraph seperti ini:

"Sesungguhnya tidak ada senjata yang berbahaya. Pisau, pistol atau nuklir sekalipun hanyalah sesuatu yang biasa. Namun siapa yang menggunakannya itulah yang BERBAHAYA! Sebab dia menentukan ingin menggunakannya seperti apa. . ."

Ssstt.. Saya membeli buku tersebut bukan bermaksud ingin menjadi hacker, ya. Di pesan tadi juga sudah jelas kan?

Kita kembali lagi ke topik, yaitu Aktivis Blogger. Saya membuat blog ini pada Januari 2015. Dan menjadi blogger aktif sampai saat ini. . Punya blog? Tapi sepi pengunjung? Itu merupakan suatu kegagalan sebagai seorang blogger! Untuk meningkatkan trafik pengunjung, Activitas Digital Marketing yang pernah saya lakukan adalah:

  1. Copy writing Copy writing itu, menulis ulang, tapi menggunakan gaya bahasa sendiri. Jangan copy paste, yaa.. Itu dilarang, ada hak ciptanya. Dan jangan lupa kalau copy writing cantumkan sumber aslinya ya.

  2. Mulut ke mulut Setelah blog dibuat, dan sudah ada artikelnya, kabarin ke tetangga, teman sekolah, atau teman kampus bahwa saya punya blog alamatnya di http://kholidintok.blogspot.com mampir yaa.. Ini merupakan trik yang gratis. :)

  3. SEO (Search Engine Optimazion) Yaitu optimasi mesin pencari/penelusur. Intinya, agar postingan blog terdeteksi oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Di tahun pertama blog ini dibuat, saya mempelajari beberapa trik SEO dari para master. Dan Alhamdulillah, postingan blog saya sudah bisa muncul di halaman pertama Google. Saya ucapkan terimakasih banyak kepada teman-teman blogger yang telah berbagi ilmu.

  4. Optimasi medsos Selain optimasi di mesin penelusur, saya juga melakukan optimasi di media sosial. 7 dari 10 orang memiliki akun media sosial. Khususnya Facebook. Pengguna Facebook yang begitu banyak, akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita. Apa lagi jika akun Facebooknya memiliki banyak teman. Oh, ya. Tapi harus hati-hati. Jangan terlalu sering share link blog ke sosmed yang satu ini. Sesuai pengalaman pribadi, blog saya dianggap spam oleh Facebook. Tidak bisa share link blog ke Facebook.

    (Sumber gambar: Facebook)
    Dan sampai saat ini saya belum menemukan tutorial yang penjelasannya sangat detail tentang masalah ini.

  5. Bagi-bagi stiker gratis Siapa si yang nggak suka stiker? Ini termasuk promosi yang murah. Bikin stiker dengan ukuran kira-kira 3x6 cm yang tertulis nama blog dan alamat blog. Cetak stiker ukuran A3 vinil di daerah saya harganya Rp 15.000,-
    Bagikan stiker dengan cuma-cuma ke teman-teman. Selain itu, ketika saya ke warnet saya juga meninggalkan beberapa lembar stiker di meja komputer dekat mouse.

  6. Blogwalking Pengertian mudahnya kita berkomentar di postingan blog teman, dan si pemilik blog tersebut juga berkomentar balik di postingan blog kita. Ini manfaatnya banyak banget. Diantaranya silaturahmi ke sesama blogger, blog kita jadi ramai pengunjung, mendapatkan backlink berkualitas dan masih banyak lagi.

  7. Mengikuti kontes blog Selain berpeluang mendapatkan hadiah, manfaat mengikuti kontes blog hampir sama dengan manfaat blogwalking. Selain itu untuk mengasah kemampuan kita dalam menulis. Termasuk pada postingan ini, saya ikutkan kontes blog yang diadakan oleh ABAH Digital Marketing Specialist dengan tema 'Share Your Digital Marketing Stories'.

     
    (Sumber gambar: Screenshoot Statistik Blogger)

  8. Mempercantik tampilan blog Agar pengunjung betah di blog kita, kita harus mempercantik tampilan blog. Gunakan template blog yang responsif, SEO, mobile friendly, dan tambahkan widget menarik. Tapi jangan terlalu banyak widget, nanti bukannya mempercantik blog tapi malah dinilai minus dari pengunjung.

Mungkin dari teman-teman blogger ada yang ingin mencoba trik di atas. Atau punya trik lain?

Dalam melakukan aktivitas blogging, ada beberapa kendala yang saya alami, yaitu:

Saya mengakses internet di warnet. Kadang seminggu atau dua minggu sekali. Jadi belum bisa aktif untuk blogwalking. Karena terbatas waktu. Juga kadang warnet penuh. Jadi. . buat yang belum sempat komentar balik, mohon bersabar ya. . .

Saya belum pernah menggunakan jasa pihak ketiga untuk promosi Digital Marketing, karena ada beberapa alasan.

Saya belum pernah menggunakan jasa pihak ketiga untuk promosi Digital Marketing, karena ada beberapa alasan. Buat teman-teman yang ingin promosi menggunakan pihak ketiga, teman-teman bisa menghubungi Digital Marketing Jakarta dari ABAH Digital Marketing Specialist.

Demikianlah pengalaman saya sebagai Aktivis Blogger. Dan, saya sudah bingung mau menulis apa lagi, jari saya pun sudah terasa pegal. Dan ada kegiatan lain yang harus aku kerjakan. Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini yang masih banyak kekurangan, dan jika ada kelebihan, tolong kembalikan yaa. . . hehe . . Akhir kata Wabillahi taufiq walhidayah, wassalamualaikum wr.wb.

16 Komentar

avatar

banyak banget pengelamannya ya. saya gak pernah ikut kontes bloger. pasti langsung kalah..

Balas
avatar

Saya juga belum pernah menang. yang penting kita sudah berusaha. menang atau kalah itu belakang.

Balas
avatar

keren mas
jadi ane bisa belajar dari pengalaman mas

Balas
avatar

iya mas. harus mempunyai semangat untuk belajar. #salamblogger

Balas
avatar
Balas
avatar
Balas
avatar

Keren mas, artikel ini sudah muncul di page one Google.

Ajarin ilmu SEO dong

Balas
avatar

Iya Alhamdulillah..
Aku juga masih banyak belajar dari para master. Gabung aja ke grup blogger, nanti disitu banyak yg sharing ilmu

Balas
avatar
Balas
avatar

keren gan, infonya bermanfaat banget, thanks ya

Balas
avatar
Balas
avatar
Balas
avatar

ternyata bagi-bagi stiker dan mengikuti kontes blog itu termasuk cara untuk meningkatkan trafik pengunjung blog. baru tau gan.
terimakasih infonya :)

Balas
avatar

betul gan, stiker yg berisi URL blog kita ditempel dimana-mana. jadi banyak orang yg tau

Balas
avatar

Nice sharing, salam kenal ya. Bagi stiker ya? oke, noted.

Balas
avatar
Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon