Biografi K.H. Mahfudz Shiddiq (Wartawan, Pembaru NU, Ketua PBNU)

Biografi K.H. Mahfudz Shiddiq (Wartawan, Pembaru NU, Ketua PBNU)

KHOLIDINTOK - Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Apa kabar sahabat semua? Mudah-mudahan selalu dalam keadaan baik, ya. Amiin.. Pada kesempatan kali ini, Kholidin akan memposting Biografi dari Tokoh NU yang bernama K.H. Mahfudz Shiddiq.

K.H. Mahfudz Shiddiq lahir di Jember, pada hari Kamis Pon, tanggal 27 Rabiul Awal 1325H / 1907M. Mahfudz Shiddiq merupakan putra pertama dari K.H. Shiddiq dengan Nyai Maryam.

Sejak kecil, beliau belajar dengan abahnya. Melanjutkan di Tebuireng, lalu menetap di Makkah. Beliau berteman baik dengan K.H.A. Wahab Hasbullah, K.H. R. As'ad Syamsul Arifin, K.H. Bisri Syamsuri. Saat di Makkah terkenal sebagai santri ahli debat, matang ilmu mantik dan jago pidato di podium.

K.H. Mahfudz Shiddiq aktif menulis di majalah Soeara NO hingga menjadi pemimpin redaksinya. Soeara NO berganti nama menjadi Berita NO. Beliau juga aktif di dalamnya. Beliau merupakan pengusul agar di bentuk NO bagian pemuda dengan nama ANO (Anshor Nahdlatoel Oelama). Tahun 1937M dalam muktamar ke-12 di Malang, ia terpilih sebagai ketua Oelama PBNU dengan mendampingi K.H. M. Hasyim Asy'ari sebagai Rois A'am. Ia sempat ditahan Jepang bersama K.H. M. Hasyim Asy'ari pada tahun 1945.

Sebagai tokoh muda, beliau memiliki pandangan jauh ke depan. Di antara hasil pemikirannya adalah Mabadi Khoiru Ummah (landasan untuk mewujudkan umat yang terbaik), dilakukan dengan menggerakkan para mubaligh dan tokoh NU untuk memiliki sifat dan akhlak As-Shidqu (kejujuran), Al-Wafa'u bil Adli (menetapi janji, disiplin), dan At-Tha'awun (tolong-menolong, gotong-royong). Beliau juga meninggalkan dua buku penting Pedoman dan Debat tentang Ijtihad dan Taklid yang diterbitkan oleh PBNU (dulu HBNU) dan dijadikan sebagai pedoman bagi warganya.

K.H. Mahfudz Shiddiq wafat di Jember, tanggal 5 Muharram 1363H / 1 Januari 1944M, dan dimakamkan di pemakaman keluarga Turbah, Condo, Jember.

Sumber: Materi Ke-NU-an kelas X MA

Demikianlah postingan kali ini, yang berjudul Biografi K.H. Mahfudz Shiddiq. Semoga bermanfaat buat sobat semuanya. Akhir kata,Wabillahi Taufiq Wal Hidayah, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon