Inilah Arti Lambang NU (Nahdlatul 'Ulama)

Inilah Arti Lambang NU (Nahdlatul 'Ulama)

KHOLIDINTOK - Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada hari yang berbahagia ini, Kholidin akan memposting Arti Lambang NU (Nahdlatul 'Ulama). Pada postingan sebelumnya, Kholidin telah memposting artikel yang berjudul:

Nahdlatul 'Ulama atau yang sering kita sebut dengan NU, merupakan jami'ah yang didirikan oleh K.H. Wahab Hasbullah dan K.H. Hasyim Asy'ari pada tanggal 16 Rajab 1344H atau bertepatan pada tanggal 31 Januari 1926, di Kertopaten, Surabaya, Jawa Timur. Pada pertemuan tersebut, dihadiri oleh ulama se-Jawa dan Madura yang diprakarsai oleh K.H. Wahab Hasbullah sebagai tuan rumah.

Sedangkan lambang NU yang sering kita jumpai, merupakan lambang yang diciptakan oleh K.H. Ridwan Abdullah (dari Surabaya), setelah melakukan shalat istikhoroh. Beliau bermimpi melihat gambar di langit yang bersih dan jernih, kemudian beliau membuat sketsa (gambar yang mirip dengan gambar yang ada dalam mimpinya). Lambang ini ditetapkan pada muktamar NU ke-2 di Surabaya.

Dalam Anggaran Dasar NU, Pasal 4 disebutkan "Lambang Nahdlatul 'Ulama berupa gambar bola dunia yang dilingkari tali tersimpul, dikitari oleh 9 (sembilan) bintang, 5 (lima) bintang terletak melingkari di atas garis katulistiwa, yang terbesar di antaranya terletak di tengah atas, sedang 4 (empat) bintang lainnya terletak melingkar di bawah katulistiwa, dengan tulisan NAHDLATUL ULAMA dalam huruf Arab yang melintang dari sebelah kanan bola dunia ke sebelah kiri, semua terlukis dengan warna putih di atas dasar hijau.".

Arti Lambang NU adalah, sebegai berikut:

  1. Bumi (bola dunia): Bumi merupakan tempat manusia berasal, menjalani hidup dan akan kembali (QS. Thaha:55).

  2. Tampar yang melingkar dalam posisi mengikat: Mempunyai arti arti tali ukhuwah (persaudaraan) yang kokoh (QS. Ali Imran: 103).

  3. Dua simpul ikatan di bagian bawah: Mempunyai arti hubungan vertikal kepada Allah (Hablum minallah) dan hubungan horizontal dengan sesama manusia (Hablum minannas).

  4. Peta Indonesia: Mempunyai arti bahwa NU didirikan di Indonesia dan berjuang untuk kejayaan negara Republik Indonesia.

  5. Untaian tampar berjumlah 99: Melambangkan nama terpuji bagi Allah (Asmaul Husna).

  6. Empat bintang melintang di atas bumi: Melambangkan Khulafaur Rasyidin yang terdiri dari Abu Bakar as-Shidiq ra., Umar bin Khattab ra., Ustman bin Affan ra., dan Ali bin Abi Thalib.

  7. Satu bintang di tengah: Melambangkan Rasulullah saw.

  8. Empat bintang melintang di bawah bumi: Melambangkan empat Imam Mazhab Ahlussunnah wal Jama'ah yang terdiri dari Imam Hanafi, Hambali, Maliki dan Syafi'i.

  9. Jumlah bintang seluruhnya sembilan: Melambangkan Walisongo (sembilan orang wali) sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa.

  10. Tulisan Nahdlatul 'Ulama dalam huruf Arab melintang di tengah: Merupakan nama organisasi Nahdlatul 'Ulama yang mempunyai arti "kebangkitan para ulama".

  11. Tulisan warna putih: Melambangkan kesucian.

  12. Warna dasar hijau: Melambangkan kesuburan tanah air Indonesia.

Demikianlah postingan saya kali ini yang berjudul Inilah Arti Lambang NU (Nahdlatul 'Ulama).Semoga bermanfaat buat sobat-sobat semua. Amin.. Akhir kata, Wabillahi taufiq walhidayah, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jika sobat menyukai artikel ini, bisa klik +1 untuk yang datang dari Akun Google+. Dan jika artikel ini bermanfaat buat orang lain, bisa sobat share ke akun sosmed milik sobat. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya



Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon