Latar Belakang Lahirnya Nahdlatul Ulama

Latar Belakang Lahirnya Nahdlatul Ulama

KHOLIDINTOK - Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada kesempatan yang berbahagia ini, Kholidin akan menshare materi Ke-NU-an yang berjudul Latar Belakang Lahirnya Nahdlatul Ulama. Disimak baik-baik, ya..

Nahdlatul Ulama berarti kebangkitan ulama. Berdirinya NU tidak lepas dari dua tokoh besar yaitu: K.H. Hasyim Asy'ari dan K.H. Wahab Hasbullah.

NU didirikan oleh para ulama Ahlussunnah Waljama'ah atau para pengasuh pesantren yang didukung oleh kaum pesantren. Pendirian ini tanpa ada dokumen tertulis tentang jati dirinya, karena para pendiri dan pendukungnya sudah memiliki kesamaan yang sudah membudaya mulai dari wawasan keagamaan, pola pendidikan maupun pengajarannya.

NU didirikan atas dasar keinsyafan bahwa setiap manusia hanya dapat memenuhi kebutuhannya bila bersedia hidup di masyarakat. Tujuan didirikannya NU adalah untuk memelihara, melestarikan, mengembangkan dan mengamalkan ajaran Islam yang berhaluan Ahlussunnah Waljama'ah. Disamping itu juga untuk mempersatukan langkah pra ulama dan pengikut-pengikutnya serta melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan kemaslahatan masyarakat, kemajuan bangsa, dan ketinggian hartkat serta martabat manusia.

NU menjadi gerakan keagamaan bertujuan ikut membangun insan masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT., cerdas, trampil, berakhlah mulia, tentram, adil dan sejahtera.

Sumber: materi Ke-NU-an kelas X MA.


Demikianlah postingan Kholidin kali ini yang berjudul Latar Belakang Lahirnya Nahdlatul Ulama. Semoga bermanfaat buat sobat-sobat semua. Amin.. Jika sobat menyukai artikel ini, bisa memvote +1 untuk yang datang dari Akun Google+. Dan jika artikel ini bermanfaat buat orang lain, bisa sobat share ke jejaring dengan Short URL di atas. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Akhir kata, Wabillahi taufiq walhidayah, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon