Cara Menggerakkan Pointer dengan Keyboard pada Ms. Excel

Cara Menggerakkan Pointer dengan Keyboard pada Ms. Excel

KHOLIDINTOK - Assalamu’alaikum sobat kholidintok.blogspot.com Bagaimana nih, kabar sobat kholidintok? semoga keluarga sehat selalu ya.. Amiin.

Pada kesempatan yang berbahagia ini Kholidin akan berbagi ilmu tentang cara menggerakkan pointer dengan keyboard pada Ms. Excel 2007. Terkadang kita lebih suka menggerakkan pointer dengan mouse. Tapi, Kholidin pernah alami begini sob. Waktu Ujian Praktek Komputer setahun yang lalu, komputer yang Kholidin pakai itu lho sob. Masa mousenya susah banget digerakkin. sobat pernah ngalamin belum? Ok, buat yang belum ngalamin buat jaga-jaga nih, sob. Buat sobat yang sudah Pernah ngalamin dan sudah tahu caranya, kita baca lagi ya. Biar lebih tahu, gitu.. disimak ya

  1. Lihat gambar di bawah ini sob..

  2. perhatikan yang diberi warna kuning. Keempat tanda panah ini berfungsi untuk menggerakkan pointer satu cell ke atas, kiri, kanan dan bawah.
  3. yang kedua, yaitu tombol Tab, sob. Itu lho, yang letaknya di atas Capslock. Tombol Tab yang ada dua garis anak panah ke kiri dan ke kanan, sob. Itu fungsinya untuk menggerakkan pointer satu cell ke kanan.
  4. Selanjutnya tombol Enter, sob. Kholidin rasa sobat sering menggunakan tombol yang satu ini. Sudah pada tahu kan, letaknya dimana? Ya. betul. Di atasnya tombol anak panah ke atas. lihat gambar nomor satu. Enter ini digunakan untuk untuk menggerakkan pointer satu cell ke bawah.
  5. Lanjut ke nomor empat sob. Untuk yang ini pakai gabungan dua tombol. Yaitu Shift+Tab. fungsinya untuk menggerakkan pointer satu cell ke kiri.
  6. Lanjut lagi ke nomor lima sob. masih sama kaya nomor 4 menggunakan dua tombol. Shift+Enter. fungsinya untuk menggerakkan pointer satu cell ke atas.
  7. masih lanjut lagi nih. Ctrl+home, fungsinya untuk menggerakkan pointer ke alamat cell A1. sobat bisa lihat gambar di bawah ini:

  8. Ctrl+End, berfungsi untuk menggerakkan pointer ke cell terakhir yang digunakan. lihat gambar di bawah sob.

  9. Page Up, yaitu berfungsi untuk menggulung layar ke atas.
  10. Page Down, berfungsi untuk menggulung layar ke bawah.
  11. Alt+Page Up, untuk menggulung layar ke kiri.
  12. Alt+Page down, untuk menggulung layar ke kanan.
  13. Ctrl+Page Up, untuk berpindah ke sheet sebelumnya.
  14. dan yang terakhir, Ctrl+Page Down. berfungsi untuk berpindah ke sheet berikutnya.

Demikianlah 13 Tombol Keyboard untuk Menggerakkan Pointer pada Ms. Excel versi Kholidintok. hehehe. :-) Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum.

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon