Dasar dan Tujuan Pondok Pesantren

Dasar dan Tujuan Pondok Pesantren




Assalamualaikum sobat kholidintok.blogspot.com
Beberapa menit yang lalu خَالِدٍ telah memposting Asal Usul Pondok Pesantren di Indonesia, dan pada kesempatan kali ini, di hari yang sama, tanggal yang sama, jam yang berbeda خَالِدٍ akan memposting mengenai Dasar dan Tujuan Pondok Pesantren. Langsung ke pokok pembahasan ya.. silahkan disimak::

Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan didirikan atas dasar tafaqqohu fiddin yakni kepentingan umat Islam untuk memperdalam ilmu pengetahuan agama Islam. Dasar yang digunakan adalah Firman Allah SWT. dalam QS. At-Taubah ayat 122, yang berbunyi:


Artinya:
Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.
Jadi, ayat di atas mengandung maksud agar seseorang mendalami agama dan tempat yang digunakan, yaitu pondok pesantren.
Tujuan pondok pesantren ada dua, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
a.       Tujuan umum pondok pesantren yaitu membina warga negara agar berkepribadian muslim sesuai dengan ajaran Islam dan menanamkan rasa keagamaan tersebut pada semua segi kehidupan serta menjadikannya sebagai orang yang berguna bagi agama, masyarakat, dan negara.
b.      Tujuan khusus pesantren yaitu:
a)      Mendidik santri untuk menjadi seorang muslim yang bertaqwa kepada Allah, berakhlak mulia, memiliki kecerdasan, ketrampilan, dan sehat lahir batin sebagai warga negara yang berpancasila.
b)      Mendidik santri agar menjadi kader-kader ulama dan mubaligh yang berjiwa ikhlas, tabah, tangguh, wiraswasta, dan mengamalkan syariat Islam secara utuh dan dinamis.
c)      Mendidik santri memperoleh kepribadian dan semangat kebangsaan agar dapat menubuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya dan bertanggung jawab kepada pembangunan bangsa dan negara.
d)     Mendidik santri agar menjadi tenaga-tenaga yang cakap dalam berbagai sektor pembangunan, khususnya pembangunan material spiritual.
e)      Mendidik para santri agar dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat dalam rangka ikut membantu pembangunan bangsa.




































Demikianlah Dasar dan Tujuan Pondok Pesantren. Semoga bermanfaat ya sobat.. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon