Asal Usul Pondok Pesantren di Indonesia

Asal Usul Pondok Pesantren di Indonesia




Assalamu’alaikum sobat kholidintok.blogspot.com
Berjumpa lagi dengan خَالِدٍ yang sok keren ini. Hehe :-). pada bulan yang lalu kan خَالِدٍ sudah memposting mengenai Pengertian Pondok Pesantren. Tanpa basa basi, pada kesempatan kali ini خَالِدٍ akan memposting AsalUsul Pondok Pesantren di Indonesia. Langsung saja yaa, cekkidot:::

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama kali didirikan oleh Syekh Maulana Malik Ibrahim (Syekh Maghribi) yang berasal dari Gujarat. Beliau terkenal dengan julukan Spiritual Father atau bapak Spiritual Walisongo. Disebut demikian karena Syekh tersebut menurunkan generasi yang ahli dalam agama dan terkenal dengan sebutan walisongo. Para walisongo-lah yang berperan menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.
Syekh Maghribi disebut juga sebagai Sunan Gresik, karena padepokannya dipergunakan sebagai tempat tinggal dan sekaligus tempat mengajarkan ilmu agama Islam yang ada di wilayah Gresik, Jawa Timur.
Pada awalnya, rintisan pesantren bukan hannya menekankan misi pendidikannya melainkan juga dakwah, bahkan misi yang terakhir lebih menonjol. Lembaga dakwah sama dengan lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang selalu mencari lokasi baru agar dapat mengembangkan misinya.
Dalam perjalanan selanjutnya, lembaga pendidikan agama Islam diteruskan oleh para kiai yang menyediakan tempat tinggal para santri yang ingin menelaah kitab-kitab klasik yang dikenal dengan nama pondok pesantren. Seorang kiai biasanya telah memiliki ilmu yang mendalam baik dalam agama maupun dalam bidang lain, serta bisa diteladani.
Pondok pesantren didirikan oleh seorang kiai yang mendapatkan dukungan dari masyarakat. Ketika awal berdirinya pesantren, seorang kiai memilih tempat atau lokasi dari hasil wakaf para dermawan. Biasanya pesantren berdiri ketika kehidupan masyarakatnya banyak bertentangan dengan syariat Islam. Oleh karena itu, misi pesantren disamping membentuk santri agar menjadi orang yang berilmu dan berakhlakul karimah, juga menyebarkan syiar agama Islam atau pesan agama yang berupa perintah Allah dan perintah menjauhi larangan-Nya.

Nah, demikianlah Asal Usul Berdirinya Pondok Pesantren di Indonesia. Semoga bermanfaat ya sobat.. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon